Jumat, 20 Desember 2013

LOKA KARYA BUKU-BUKU PANDUAN


FE Unwar  Miliki 9 Buku Panduan Beri Jamin Pendidikan Berkualitas

Segenap sivitas akademika Fak. Ekonomi (FE) Unwar, Jumat ( 21/12) kemarin terlibat dalam lokakarya dua hari penyusunan buku panduan dan kekeluargaan. Dengan demikian FE Unwar kini memiliki sembilan buku pedoman dan kekeluargaan sebagai acuan guna memberikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat.
Lokakarya penyusunan buku pedoman kemarin dibuka langsung Dekan FE Unwar, IGN Sanjaya, S.E. M.Si., Ak., diikuti 85 dosen dan karyawan.
Ketua Panitia Drs. Gusti Lanang Putra,M.M., mengungkapkan  buku pedoman ini sangat penting dimiliki sebagai arahan guna mencapai tujuan. Bahkan buku ini dijadikan acuan mulai dari pimpinan hingga karyawan terbawah  dalam mengelola FE Unwar.
 Dia mengatakan pada lokakarya kemarin dibahas delapan buku pedoman,  satu buku pedoman  berupa renstra sudah disusun sebelumnya. Kepemilikan buku pedoman ini, kata Gusti Lanang Putra, juga penting untuk syarat mengikuti akreditasi institusi. Buku panduan tersebut meliputi job des tenaga structural, rekam jejak dan kinerja dosen, monitoring dan evaluasi, akademik, proposal dan skripsi, etika sivitas akademika, pengelolaan kelas non regular, magang mahasiswa, dan Badan Kekeluargaan FE.
IGN Sanjaya mengungkapkan semua ini bentuknya berupa penyempurnaan  buku panduan terdahulu dan penambahan model baru. Sebab sebelumnya FE Unwar baru memiliki enam buku panduan, kini disesuaikan dengan standar universitas menjadi sembilan. Bahkan akan berkembang lebih dari Sembilan sesuai tuntutan jaman.
Dia menegaskan tujuan akhir dari lokakarya penyusunan buku panduan ini adalah sebagai role of control FE baik dalam pengajaran, evaluasi dan pertanggungjawaban pendidikan berkualitas kepada masyarakat. Di samping itu ada akuntabilitas dan kejelasan  siapa  menjalankan  apa, jelas tanggung jawabnya,  hak dan kewajibannya. Dengan demikian tak ada lagi penafsiran  yang berbeda antar sivitas  akademika. ‘’Ini juga mengacu pada kurikulum renstra FE Unwar dan uiversitas,’’tegasnya.
 Di sisi lain FE Unwar pada tahun 2014 mendatang akan mengembangkan sejumlah program baru S- nol atau diploma. Di antaranya  D-II Akuntansi Perhotelan bekerjasama dengan PHRI. Juga membuka D-II Ekspor-Impor  yang merupakan revitalisasi program sebelumnya serta  D-II Manajemen Pariwisata. Hal ini dilakukan FE Unwar untuk menjembatani  keperluan penyiapan SDM Bali menghadapi era globalisasi khususnya guna mengisi SDM bidang operasional. Dengan demikian SDM ini perlu melibatkan praktisi secara langsung.
 Selain memiliki buku pedoman yang lengkap, FE Unwar juga memiliki lab dan  program  brevet A,B dan C untuk perpajakan dan program ekspor-impor, kini Fak. Ekonomi  (FE) Unwar memiliki Galeri Investasi. (025)
LOKAKARYA-Dekan FE Unwar IGN Sanjaya (kiri) memberi salam kepada Ketua Panitia Gusti Lanang Putra   saat membuka lokakarya buku panduan.

1 komentar:

  1. Mens Titanium Necklace - Tinted Necklace - Tiffany's
    The titanium solvent trap Mens Titanium Necklace is a guy tang titanium toner necklace made in gold and polished finish with titan metal a titanium headers snap closure. The unique earrings are printed with tube supplier diamond pattern

    BalasHapus